Bedah karsinoma lambung

Sejarah karsinoma lambung agaknya mulai dikenali sejak 1600 tahun SM melalui tulisan George Ebers Papyrus. Tulisan Hippocrates pada abad ke-2 SM di Roma memunculkan istilah cancer dan karsinoma, yang berasal dari bahasa Yunani karkinos dan karkinoma. Pada masa itu pengetahuan anatomi manusia banyak mengutip tulisan Galen dengan bukunya yang terkenal.
Baru pada akhir milenium pertama, deskripsi kanker lambung secara jelas dijumpai pada Ensiklopedia Avicenna. Avicenna adalah seorang pakar kedokteran Arab pada abad ke-11 yang menggabungkan pengetahuan kedokteran pada masa itu dan peradaban Islam tetapi tidak mengemukakan teori kedokteran yang berbeda dengan Hippocrates. Adalah J. Cruveilhier, pada tahun 1835 yang menjelaskan misteri kematian Napoleon Bonaparte, sang Emperor Prancis yang meninggal 1821 yang disebabkan oleh karsinoma lambung. Hal ini dimungkinkan atas perintah sang raja kepada dokter pribadinya sesaat sebelum meninggal dengan ucapannya yang terkenal “…I desire you open my body to examine my stomach and to make a detailed report which you will give to my son”. Dua hari kemudian sang raja meninggal, tiga hari setelah itu jenazahnya diotopsi oleh delapan dokter kerajaan…

ebook pdf gratis
DOWNLOAD EBOOK

Posted on 16/12/2010, in ILMU PENGETAHUAN, ILMU | PENGETAHUAN UMUM, OBAT | KESEHATAN | KECANTIKAN. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: